1/03/2012 - , , 0 comments

Diary UAS: Pragmatisnya Soal-soal Ujian

Emang bener kalo masa SMA sama kuliahan beda banget. Mulai dari sistem belajar, buku-buku pegangan, nggak punya kelas sendiri, kudu nyari-nyari dosen, himpunan, de es be.

Tapi, serius... dari semua perubahan tersebut, nggak ada yang lebih nyebelin daripada ini. >_<

Hari ini, saya ikut matkul pertama dlm UAS. Ceritanya kemarin saya udah baca tuh buku referensi untuk UAS hari ini. Eh, kakak tingkat yang sekosan sama saya nyeletuk, "Udah punya soal tahun-tahun sebelumnya belum?"
"Eh, belum, Teh. Katanya dari buku ini," jawab saya.
"Mending kamu punya deh soal-soal tahun sebelumnya. Soal ujian matkul ini mah biasanya sama banget sama ujian tahun sebelumnya."

Wackssss... jlegaaarr... Sama? Terus si gueh ngapain dong capek-capek baca buku setebel ini?

Ostosmastis, saya langsung kirim sms ke temen sekelas yang kosannya paling deket. Eh ternyata dia udah dapet. Deuh, udah kadung males. Sakit hatiii.. #lebay

Dan bener aja, sejam sebelum UAS dimulai, kertas fotokopian soal ujian tahun lalu bertebaran dimana-mana. Saya jadi beneran nervous dan sedikit sakit hati juga. Saya udah baca materinya, orang-orang enak banget udah "liat" soal-soal yang akan diujiankan....

Pas soal-soal dibagiin, saya berharap soalnya berupa essay. Yah, mau nggak mau soal essay menuntut "kreativitas" kita dalam mengarang jawaban supaya terlihat lebih "ilmiah". Tapi, ternyata soalnya PG. Kalo kata Ustadz Felix, itu namanya pragmatis, menghambat kreativitas siswa apalagi mahasiswa yang kritis. Dan soalnya mayoritas PERSIS SAMA. Pheeeewww....

Saking keselnya saya nyeletuk, "Wah jadi ngafalin jawaban soalnya yah? Bukan materinya...."
Eh, temen yang ngedenger nyengir aja antara setuju tapi emang terpaksa melakukan hal ini, demi nilai... ckck...

Teyuuuuz....
Apa hubungannya dengan pragmatisasi?
Nantikan!

0 comments:

Post a Comment