1/03/2012 - , 0 comments

3 tipe pikiran orang

di sore ini, saya jadi inget perkataan salah seorang guru saya..

Beliau berkata, "Di dunia ini, hanya ada tiga jenis pikiran orang...."
Kita jelas bertanya-tanya, emang apa aja sih jenisnya?
"Bayangkan sebuah apel..."
"Apa yang kalian pikirkan?"
Jujur aja nih, ya... Saat itu, deskripsi saya tentang apel ya warnanya merah, kadang-kadang ada warna hijau, rasanya manis, dan lainnya. (hayo, kamu berpikiran sama?)

Kemudian, guru saya melanjutkan, "...langsung aja, ketika ada orang yang berpikir bahwa apel itu merah, berasa manis, dan hal-hal yang berbau deskriptif dari kacamata indrawi saja, maka itulah yang disebut berfikir dangkal. Itu jenis yang pertama."

Jleb! tiba-tiba ada panah nusuk di hati saya... Gueh bangeth siiih... @,@

"Kemudian ada orang yang berfikir mendalam. Dia akan berfikir kalau apel itu sungguh kaya vitamin. A, B, C, D, E, F... ups!"
"...dan mungkin sampai ke tahap pertumbuhan dan perkembangan dari masa konsepsi si apel sampai jadi apel merah."

Saya makin down. Jadi, selama ini saya berfikir.... d-dang... k-k...kk...?
 
"Yang terakhir ini langka. Paling spesial."

Malah saya yang deg-degan >_<

"Dia adalah yang berfikiran cemerlang, mustanir! Dia justru akan memenuhi otaknya dengan pertanyaan mengapa, mengapa, mengapa! Mengapa apel tersebut manis? Mengapa apel tersebut merah? Mengapa ada vitamin yang berguna untuk tubuh? Bagaimana bisa dari serbuk sari akan menghasilkan apel ranum seperti itu? Sampai akhirnya dia bertanya, siapa yang menciptakan apel ini? Dia akan menemukan sang Khaliq Mudabbir... Allah SWT."

Beneran, saya terkesima mendengarnya. Selama ini saya jarang berpikir sampai sana. Apel ya makan aja.... Saya lupa, yang namanya kursi pasti ada tukang kayunya, yang namanya gedung pasti ada tukang bangunannya. Apel? Tentu saja juga ada yang membuatnya. Dia-lah Allah... al Khaliq al Mudabbir...

0 comments:

Post a Comment